3 Jenis Asuransi Kesehatan yang Harus Anda Ketahui!

3 Jenis Asuransi Kesehatan yang Harus Anda Ketahui!

Memiliki asuransi kesehatan merupakan salah satu cara untuk melindungi diri Anda dan keuangan Anda. Selain bermanfaat, asuransi kesehatan juga sebagai salah satu bentuk kepedulian kita kepada kesehatan di masa depan. Oleh karena itu, mengetahui jenis asuransi kesehatan sangat penting untuk Anda.

Ada beberapa jenis asuransi kesehatan di Indonesia. Maka dari itu, pastikan Anda mengetahui dan memahami jenis-jenis asuransi yang akan CiLifers pilih.

Berikut kami berikan informasi seputar jenis-jenis asuransi kesehatan dan contohnya!

Jenis Asuransi Kesehatan

jenis asuransi kesehatan

Di bawah ini adalah beberapa jenis asuransi kesehatan yang ada di Indonesia. Yuk, kita simak bersama.

  • Asuransi Berdasarkan Perawatan

Jenis asuransi yang pertama adalah asuransi yang berdasarkan perawatannya.

Asuransi berdasarkan perawatan memiliki dua perbedaan besar. Yakni, tanggungan untuk rawat inap atau in-patient treatment dan rawat jalan atau out-patient treatment. CiLifers dapat memilih jenis asuransi dengan cakupan salah satu saja atau keduanya.

  • Berdasarkan Biaya Tanggungan

Selanjutnya, jenis asuransi yang ada di Indonesia adalah asuransi yang dilihat berdasar biaya yang pasien tanggung.

Beberapa jenis biaya yang asuransi tanggung adalah sebagai berikut.

1. Biaya Manfaat Khusus

Asuransi yang memiliki tanggungan biaya khusus adalah asuransi yang dapat memberikan Anda pelayanan tambahan. Seperti ambulans, biaya alat medis, dan biaya untuk laporan medis.

2. Biaya Rawat Jalan

Sesuai dengan namanya, tanggungan dari asuransi jenis ini adalah biaya untuk rawat jalan. Mulai dari biaya pembedahan saat pulang harian, biaya check-up, dan biaya pemeriksaan secara umum.

3. Biaya Rawat Inap

Yang terakhir, asuransi yang menanggung biaya rawat inap akan memberikan coverage untuk fasilitas rawat inap. Mulai dari biaya kamar, biaya dokter spesialis dan umum, hingga biaya harian.

  • Asuransi Berdasarkan Jenis Claim

Yang terakhir adalah jenis asuransi berdasarkan jenis claim. Ada dua jenis claim asuransi, yakni cashless dan reimburse. Claim cashless adalah jenis asuransi yang CiLifers bayar di muka. Sehingga, Anda akan mendapatkan bukti asuransi berupa kartu.

Sedangkan, claim reimburse adalah pembayaran layanan kesehatan dengan pembayaran dari uang pribadi. Kemudian, Anda dapat mengajukan reimburse ke pihak asuransi yang Anda ikuti.

 

Apakah Ada Asuransi Kesehatan yang Terjangkau?

manfaat asuransi kesehatan

Jawabannya adalah ada! Ciputra Life menghadirkan Asuransi Kesehatan Receh yang dapat melindungi Anda dari risiko kesehatan dan meminimalisasi kerugian finansial Anda jika sewaktu-waktu jatuh sakit. Biaya preminya juga sangat ekonomis, mulai dari Rp16.000* Anda bisa terlindungi selama 1 Tahun dan bisa diperpanjang sesuai kebutuhan Anda. Klik disini untuk dapatkan proteksinya secara online!