4 Cara Agar Tetap Fit Walau Tidak Tidur Semalam Suntuk

4 Cara Agar Tetap Fit Walau Tidak Tidur Semalam Suntuk

Istirahat setiap malam kurang lebih 8 jam sangat penting untuk manusia agar bisa beraktivitas secara normal dan optimal. Tapi, bagaimana kalau terpaksa tidak tidur karena alasan tertentu tapi harus tetap beraktivitas seperti biasa? Gunakan cara agar tetap fit walau tidak tidur di bawah.

Bisakah Badan Tetap Fit Walau Tidak Tidur Semalam Suntuk?

Bisa. Caranya, lihat di bawah.

Catatan: 4 hal ini juga efektif sebagai cara mengatasi badan lemas karena kurang tidur.

Tubuh Harus Terhidrasi Dengan Baik

Badan yang kurang tidur akan gampang lelah. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus menjaga badan tetap terhidrasi dengan baik dengan cara minum air putih yang banyak. Seberapa banyak? 2,5 liter lebih.

Ketika begadang dan tidak tidur, banyak minum air putih juga akan membuat Anda bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil. Aktivitas ini berguna karena bisa membuat Anda tetap "waspada" dan bisa jadi seperti olahraga ringan.

Kuncinya Adalah Kafein

100 sampai 200 mg kafein bisa membuat Anda lebih segar dan terjaga dalam waktu tiga sampai empat jam ke depan. Perlu Anda catat, kafein membutuhkan waktu 30 menit untuk bereaksi penuh di dalam tubuh.

Karena ada jeda selama 30 menit agar efek kafein bereaksi penuh, Anda bisa menggabungkannya dengan tips di bawah.

Tidur Siang (Napping)

Luangkan waktu 10-45 menit untuk tidur siang (napping). Kegiatan ini bisa Anda lakukan setelah minum kopi karena efek kafein dari kopi membutuhkan waktu 30 menit untuk bereaksi.

Dengan menggabungkan kafein + tidur siang, Anda mendapatkan dua hal yang bisa membuat badan tetap fit walaupun kurang tidur.

Minta "Bantuan" ke Matahari

Maksudnya bukan "berdoa" ke matahari, ya... Maksudnya adalah berjemur dan mendapatkan vitamin D dari sinar matahari langsung.

Apa hubungan tetap fit walau tidur kurang dan sinar matahari?

Karena kadar serotonin berkurang akibat kurang tidur, terpapar sinar matahari akan membuat Anda mendapatkan serotonin gratis yang membuat tubuh Anda bekerja secara normal karena perannya sebagai neurotransmiter tidak terganggu akibat kurangnya jam tidur Anda.

Apa yang Terjadi Jika Kita Tidak Tidur?

Pastinya, badan akan lebih lelah dan tidak bisa konsentrasi secara maksimal. Mungkin juga, perasaan tidak tenang akan timbul karena fungsi otak menurun.

Gunakan cara agar tetap fit walau tidak tidur dengan bijak. Tidur adalah salah satu hal yang manusia butuh dan bisa menimbulkan efek buruk kalau Anda kurang tidur. Jaga-jaga untuk hal buruk yang (mungkin) terjadi, CLifers harus pegang setidaknya satu asuransi. Asuransi yang praktis, ekonomis, dan murah ada di sini.