4 Tips Menerima Kritik Agar Kamu Nggak Mudah Sakit Hati

4 Tips Menerima Kritik Agar Kamu Nggak Mudah Sakit Hati

Di setiap pekerjaan yang kita lakukan, tak jarang kita menerima pujian dan kritik dari rekan ataupun atasan. Beberapa orang bisa menanggapi kritik dengan santai dan lapang dada, tapi ada juga yang membela diri atau bahkan menyerang balik. Respon kamu terhadap kritik sebenarnya bergantung pada cara kamu menerima kritik itu sendiri. Biar nggak gampang emosi ketika di kritik, ikuti tips di bawah ini yuk, C’Lifers!

1. Jangan langsung bereaksi

Jika reaksi pertama kamu adalah mengkritik balik orang yang memberikan kritik atau menjadi defensif, cobalah untuk meluangkan waktu untuk tidak bereaksi sama sekali. Gunakan waktu ini untuk berfikir lebih jauh dan biarkan logikamu masuk mengatasi emosi. Sebaiknya kamu tidak melakukan atau mengatakan sesuatu yang akan kamu sesali nantinya. Berilah respon dengan bahasa yang baik saat kamu sudah lebih tenang.

2. Ubah negatif menjadi positif

Poin ke dua ini memang memerlukan latihan yang tidak mudah dan instan, C’Lifers. Mungkin kritik yang kamu dengar terdengar kasar dan menyudutkan kamu. Tapi, dalam kritik tentu ada pesan positif yang membantu kamu untuk menyadari bahwa kamu bisa melakukan pekerjaanmu dengan lebih baik lagi. Sebaiknya kamu melihat kritik sebagai peluang untuk meningkatkan kualitasmu.

3. Berterimakasihlah kepada orang yang mengkritikmu

Mendapat kritik dengan cara penyampaian yang terdengar kasar memang tidak mengenakkan, apalagi kalau harus berterimakasih kepada orang tersebut. Meskipun orang yang mengkritikmu tidak menerima ucapan terimakasihmu dengan baik, manfaat baiknya bisa kamu dapat untuk dirimu sendiri. Cara ini melatih kamu belajar untuk jadi lebih rendah hati.

4. Belajar dari kritik

Setelah kamu mengikuti langkah di atas, selanjutnya kamu harus menerima bahwa kritik ada agar kamu berusaha meningkatkan diri. Hindari melanjutkan hidup seperti seolah tidak ada yang terjadi. Kamu harus berusaha memperbaiki kekuranganmu agar kualitas dirimu juga ikut meningkat.

Sudah siap menemukan peluang berkembang lewat kritik? Jangan coba untuk mencoba tips di atas ya, C’Lifers!

Yuk, manfaatkan proteksi dari asuransi Ciputra Life untuk kualitas hidup yang lebih baik.

 

 

 

#Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life 
#PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan