5 Alasan Pentingnya Asuransi dalam Kehidupan

5 Alasan Pentingnya Asuransi dalam Kehidupan

Pentingnya asuransi masih belum disadari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Walaupun menurut hasil survey tahun 2020 yang dilansir dari Katadata menunjukkan peningkatan minat pembelian asuransi online, namun perbandingan jumlah penggunanya masih rendah daripada jumlah penduduk Indonesia saat ini.

Menurut data dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) jumlah tertanggung dalam situasi normal bisa mencapai 7 juta peserta, masih rendah perbandingannya dengan jumlah tenaga kerja Indonesia pada tahun 2020 yang menurut BPS mencapai 128,45 juta orang.

Hal ini bisa jadi  karena masih banyak yang belum memahami pentingnya memiliki asuransi. Untuk itu, simak uraian berikut ini agar kamu dapat lebih memahaminya.

Apa Itu Asuransi ?

Pengertian asuransi adalah suatu kesepakatan antara pengguna sebagai tertanggung dengan perusahaan penjamin sebagai penanggung yang tertuang dalam sebuah kontrak perjanjian.

Dengan membeli sebuah produk asuransi, berarti kamu telah sepakat untuk membayar premi. Sebagai kewajiban tertanggung untuk mendapatkan manfaat dari penanggung. Sesuai yang tertera dalam polis sebagai dokumen legal kontrak perjanjian antara kedua belah pihak.

 

Pentingnya Memiliki Asuransi

 

Dengan memahami pengertian asuransi, maka kamu dapat mengira-ngira mengapa pada era industrialisasi ini peranannya sangat penting. Sehingga tidak ada lagi alasan tidak ikut asuransi terutama bagi pekerja. Berikut ini alasan kenapa perlu memiliki asuransi.

  1. Biasakan Menabung
    Menggunakan asuransi pada dasarnya hampir serupa dengan menabung. Kamu mempercayakan pengelolaan dana dalam bentuk premi kepada perusahaan penjamin untuk mendapatkan nilai manfaatnya pada kemudian hari.

  2. Sebagai Investasi
    Pada umumnya asuransi memberikan manfaat yang jauh lebih besar dari jumlah premi yang telah kamu bayarkan. Misalnya Asuransi Kecelakaan Receh, dengan premi Rp15.000 kamu dapat menerima manfaat santunan sampai dengan Rp25.000.000 saat mengalami kecelakaan.

  3. Jaminan Fasilitas Kesehatan
    Untuk saat ini, telah banyak fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan perusahaan penjamin. Sehingga tanpa asuransi kamu dapat mengalami kesulitan mendapatkan fasilitas perawatan kesehatan tanpa menyiapkan sejumlah uang sebagai jaminan.

  4. Membiasakan Perencanaan Keuangan
    Dengan terbiasa menabung melalui program asuransi, secara tidak langsung juga membiasakan kamu untuk membuat perencanaan keuangan jangka pendek maupun jangka panjang.

  5. Persiapan Warisan
    Sebagian besar orang tua ingin memberikan warisan kepada penerusnya agar kehidupannya lebih baik. Dengan ikut asuransi jiwa, kamu dapat meninggalkan warisan bagi ahli warismu.

    Misalnya Asuransi Jiwa Receh, akan memberikan santunan mulai dari Rp4.000.000 hanya dengan premi Rp16.400.

 

"Membeli sebuah produk asuransi sama pentingnya dengan membawa parasut cadangan saat melakukan terjun payung."

 

Penutup

Dengan memahami pentingnya asuransi, kamu bisa mulai merencanakan untuk memiliki asuransi, baik asuransi jiwa, kesehatan, maupun kecelakaan. Sehingga ketika tiba-tiba kamu sakit atau kecelakaan, ada perlindungan asuransi yang bisa kamu gunakan untuk mengcover biayanya.

Jika kamu mulai berpikir untuk memiliki asuransi, tapi tidak mau yang mahal. Asuransi Receh bisa menjadi solusinya, asuransi dengan premi ringan tapi manfaat optimal. Mulai dari 16 ribuan per tahun kamu sudah bisa memiliki asuransi.