5 Penyebab Mudah Sakit, Hindari Beberapa Kebiasaan Salah Ini

5 Penyebab Mudah Sakit, Hindari Beberapa Kebiasaan Salah Ini

Penyebab mudah sakit bisa berasal dari kebiasaan yang selama ini kamu anggap remeh. Lama kelamaan, secara tidak langsung hal itu membuat sistem kekebalan tubuh menurun. Jadi, alangkah baiknya jika mulai sekarang hindari kebiasaan yang berpotensi membuat kamu mudah jatuh sakit.

Kebiasaan Penyebab Mudah Sakit yang Perlu Dihindari

Sebagai langkah preventif sebaiknya kamu juga menyiapkan asuransi kesehatan di Asuransi Receh. Di luar itu, tentunya kamu harus menghindari penyebab mudah sakit berikut ini.

1. Tubuh Kekurangan Cairan

Coba kamu ingat-ingat, apakah belakangan ini kamu kurang minum air putih? Jika iya, mungkin inilah penyebab sering sakit yang kamu alami. Catat, ya, setiap hari usahakan minum 2 liter air atau sekitar delapan gelas. Jangan sampai kekurangan cairan menimbulkan berbagai macam penyakit dan dehidrasi.

2. Terlalu Banyak Duduk

Faktanya, tidak banyak bergerak dalam waktu lama, contohnya duduk, dapat memperlambat metabolisme tubuh. Meski bagi beberapa orang itu adalah risiko kerja, tetapi bisa kok dihindari dengan mengubah beberapa kebiasaan. Misalnya, mengatur waktu istirahat selama 10 menit setiap 30 menit bekerja.

3. Stres

Salah satu penyebab sakit kepala adalah stres. Ya, terkadang masalahnya bukan gangguan fisik tetapi juga mental. Kontrol stres supaya tidak berkepanjangan dan memengaruhi kesehatan tubuh.Caranya, jangan terlalu sering menyendiri. Usahakan selalu berkomunikasi dengan orang terdekat dan minta dukungan mereka. Beberapa aktivitas seperti olahraga, yoga atau relaksasi diri juga dapat menjadi penangkal stres.

4. Sering Begadang

Banyak orang meremehkan bahaya sering begadang dengan kalimat, “Paling-paling cuma akan ngantuk.” Wajar kalau ngantuk karena tubuh pasti menuntut ‘utang’ jam istirahat yang tidak kamu tuntaskan. Akan tetapi, yang berbahaya adalah tubuh kamu jadi lebih mudah terserang virus dan bakteri.

5. Tidak Menjaga Kebersihan

Kebiasaan jorok, dalam hal apapun, adalah penyebab sakit perut dan berbagai macam penyakit lainnya. Contoh paling sederhana tidak cuci tangan dulu sebelum makan. Ingat, mulut adalah pintu gerbang tubuh kamu. Jika bakteri masuk dari mulut, maka bersiaplah terhadap serangan penyakit. Minimal gunakan hand sanitizer atau tisu basah untuk membasuh telapak tangan.

Cara Supaya Tidak Mudah Sakit

Merangkum dari lima poin di atas, ada beberapa tips agar tidak mudah sakit yang sebaiknya kamu lakukan, yaitu:

       Cukupkan istirahat,

       lakukan aktivitas fisik,

       hindari penyebab stres,

       jaga kebersihan diri dan lingkungan,

       penuhi kebutuhan harian tubuh.

Bagaimana jika sudah telanjur sakit? Segera berobat ke dokter agar dapat ditangani dengan tepat. Terkadang penyebab mudah sakit memang bisa berasal dari hal yang tidak kamu duga. Maka dari itu kamu juga membutuhkan perlindungan kesehatan dari Asuransi Receh, cek disini untuk mendapatkannya.