7 Hal yang Membuatmu Tidak Berkembang

7 Hal yang Membuatmu Tidak Berkembang

Seseorang dikatakan mempunyai potensi jika di dalam dirinya mampu mengatasi hal-hal yang menghampirinya, mulai dari hal yang buruk ataupun hal yang baik. Selain itu, potensi seseorang juga bisa dilihat dari bagaimana seseorang mengembangkan dirinya. Tapi kamu jangan salah lho menurut ilmuwan bernama Peter Senge ada 7 hal yang bisa membuat dirimu justru tidak berkembang. Yuk simak informasinya!

 

1.    Berada di zona nyaman 

Terkadang berada di zona nyaman membuat kita seringkali menjadi tidak berkembang. Hal ini disebabkan karena seseorang yang nyaman di zonanya akan membatasi ruang lingkup berpikir dan enggan mempelajari hal yang baru. Selain itu orang seperti ini biasanya hanya melihat sesuatu dari sudut pandangnya saja. 

 

2.    Selalu menyalahkan orang lain

Hal lain yang membuat seseorang tidak berkembang adalah selalu menganggap bahwa masalah yang ada disebabkan oleh orang lain. Kalau seperti ini terus pasti selain tidak bisa berkembang, kamu juga akan menjadi orang yang lari dari tanggungjawab. 

 

3.    Terlalu cepat mengambil keputusan

Pengambilan keputusan memang bukan hal yang mudah. Namun, pengambilan keputusan yang terlalu terburu-buru membuat kamu tidak berpikir dalam untuk memikirkan dampak dari pilihan yang kamu pilih.

 

4.    Tidak dapat mengenali akar permasalahan

Selain membuat diri tidak berkembang, orang yang tidak dapat mengenali akar permasalahan akan cenderung mengeneralisasikan suatu pemikiran. Kalau dibiarkan hal ini dapat memperbesar masalah lho!

 

5.    Selalu menyepelekan hal kecil 

Orang yang mampu berkembang adalah orang yang dapat menangani masalah baik skala kecil maupun besar. Namun, ada sebagian orang yang terlalu menyepelekan masalah kecil. Ini akan berbahaya lho karena dasarnya masalah besar muncul karena masalah kecil. Jadi perlu ditangani ya masalah sekecil apapun itu.

 

6.    Selalu menyombongkan pengalaman

Salah satu ciri orang yang tidak mampu berkembang adalah orang yang selalu menyombongkan dirinya dan menganggap dirinya memiliki kemampuan karena pengalamannya. Sebenarnya di jaman yang fleksibel ini sejatinya kemampuan bukan hanya diukur dari pengalaman saja lho!

 

7.    Tekanan dalam tim

Adanya tekanan dalam tim juga bisa berpengaruh pada perkembangan diri seseorang. Pastikan kamu dan tim memiliki irama yang sama untuk mencapai tujuan ya supaya bisa berkembang bersama-sama.

 

Jadi, gimana C’Lifers apakah kamu sering kali melakukan hal-hal di atas? Yuk, mulai ubah pola pikir untuk menjadi orang yang lebih baik dan terus berkembang ke arah yang baik. 

 

 

# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life
#PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan