Aman dan Menguntungkan, Ini 5 Peran Asuransi Bagi Kamu

Aman dan Menguntungkan, Ini 5 Peran Asuransi Bagi Kamu

Peran asuransi sangatlah penting. Akan tetapi cukup banyak yang belum menyadari betapa pentingnya sebuah asuransi.

Seringkali, orang baru menyadari betapa besar pengaruh asuransi ketika mengalami musibah atau terkena penyakit akut.

Agar lebih mudah untuk memahami apa saja peran dan fungsi asuransi, kamu bisa menyimak penjelasan berikut.

 

1. Mengalihkan Risiko

Peran asuransi sebagai pengalih risiko merupakan yang paling utama. Kamu mungkin sudah memahami hal ini.

Contoh, andaikan saja kamu mengalami kecelakaan mobil. Kamu mungkin akan butuh biaya perbaikan yang besar. Belum lagi jika sampai masuk rawat inap rumah sakit.

Namun, jika kamu memiliki asuransi, biaya tersebut tak harus kamu keluarkan dari kantong sendiri, tapi perusahaan asuransi yang meng-cover.

Singkatnya, asuransi dapat menanggung biaya yang harus kamu keluarkan ketika terjadi musibah. Ini yang namanya pengalihan risiko.

 

2. Melindungi Aset

Tak ada orang yang berencana untuk tertimpa musibah. Akan tetapi, setiap musibah pasti akan membawa kerugian dan ketidakpastian.

Bisa jadi, kerugian dan ketidakpastian tersebut memaksa kamu menghabiskan tabungan atau menjual aset berharga.

Untungnya, perusahaan asuransi bisa menanggung biaya yang perlu kamu keluarkan. Dengan demikian, tabungan maupun aset berhargamu bisa tetap utuh dan tidak tersentuh.

 

3. Menjamin Kualitas Hidup Orang Tercinta

Salah satu masalah utama saat terjadi musibah adalah hilangnya kemampuan bekerja dan mencari nafkah. Jika itu terjadi, seringnya kualitas hidup keluarga yang bersangkutan jadi merosot.

Akan tetapi, dengan asuransi, hal tersebut dapat terhindar untuk terjadi di kalangan orang yang kamu cintai.

Contoh, dengan hanya biaya mulai Rp16 ribuan untuk Asuransi Jiwa Receh, kamu bisa mendapatkan perlindungan santunan mulai Rp4 - 100 juta. Bahkan, perlindungan ini berlangsung hingga 1 tahun.

Dengan demikian, keluarga pun dapat memiliki kualitas hidup yang lebih terjamin meski pencari nafkah tak lagi bersama.

 

4. Manajemen Keuangan

Kejadian tak terduga sering menyebabkan pengeluaran yang besar dan sulit diprediksi. Ini bisa mengacaukan belanja dan pengeluaran rumah tangga.

Akan tetapi, dengan asuransi, kamu jadi lebih mudah mengatur pengeluaran. Ini karena premi yang kamu bayarkan bersifat tetap dan jauh lebih rendah dari nilai pertanggungan.

 

5. Menggerakkan Ekonomi Produktif

Peran asuransi dalam perekonomian pun tak kalah besar.

Asuransi tak hanya bermanfaat untuk pemilik asuransi tersebut. Penyelenggara asuransi akan menginvestasikan premi yang dibayarkan ke dalam kegiatan ekonomi produktif.

Ini berarti, jika kamu membayar premi asuransi, kamu juga berperan menggerakkan perekonomian bangsa. Akan ada orang lain yang terbantu dengan keikutsertaan kamu di asuransi.

 

Bermanfaat sekali, kan, peran asuransi bagi masyarakat dan perekonomian? Yuk, mulai gaya hidup yang terjamin dengan Asuransi Receh. Cek apa saja manfaat asuransi receh buat kamu dengan klik disini!