Bahaya Terlalu Sering Konsumsi Minuman Manis

Bahaya Terlalu Sering Konsumsi Minuman Manis

Minum minuman manis memang tidak pernah salah untuk dijadikan pilihan menghilangkan dahaga. Apalagi kalau ditambah es sebagai pelengkapnya. Pasti menyegarkan dahaga deh! Nah dibalik kenikmatan dan rasa manis yang disuguhkan ternyata punya dampak buruk lho untuk kesehatan kamu. Yuk simak infonya dibawah ini: 

 

1.   Obesitas

Siapa yang memiliki masalah berat badan berlebih? Eitsss tunggu dulu jangan-jangan kamu mengalami obesitas karena terlalu banyak mengkonsumsi minuman manis. Faktanya meminum minuman manis dengan kandungan fruktosa berlebih justru membuat kamu akan merasa lapar sehingga kamu malah kalap saat makan. Hal ini bisa menimbun lemak & kalorimu sehingga kamu jadi obesitas. Serem kan?

 

2.   Diabetes Tipe-2

Konsumsi minuman manis atau minuman yang mengandung banyak gula membuat kadar gula darah dalam tubuh kamu meningkat. Hal ini terjadi karena sel dalam tubuh tidak merespon insulin yang fungsinya sebagai pemecah glukosa dalam darah. Nah ini dia yang menyebabkan kamu bisa mengalami diabetes tipe-2 kalau minum minuman manis terus. 

 

3.   Penyakit Kardiovaskular

Terlalu sering minum minuman manis bisa menyebabkan penebalan pada pembuluh darah kecil kamu lho! Akibatnya akan terjadi kerusakan dan pengendapan dalam pembuluh darah yang membuat kerja jantung juga semakin berat. Kerja jantung yang berat bisa membahayakan kesehatan jantung kamu nih. Jadi harus bijak ya dalam konsumsi minuman manis setiap harinya. 

 

4.   Meningkatkan Risiko Kanker

Menurut penelitian, dengan konsumsi banyak gula bisa menyebabkan seseorang untuk mengidap kanker. Kanker yang dapat terjadi adalah kanker darah dan kanker kantung kemih. Wah serem juga ya ternyata efeknya.

 

5.   Mempercepat Penuaan 

Bukan cuma menyebabkan penyakit, terlalu banyak konsumsi minuman manis bisa ngebuat kamu cepat keriput lho! Selain itu, minuman manis juga menyebabkan kulit kering dan atopik.

 

6.   Gangguan/ Penyakit Ginjal 

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa konsumsi minuman yang terlalu banyak mengandung gula khususnya fruktosa dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal lho! Walaupun belum jelas mekanismenya, setidaknya kamu perlu berhati-hati dengan risiko yang satu ini ya! 


Dampak atau penyakit di atas bisa terjadi kalau kamu mengkonsumsi minuman dengan kandungan gula yang tinggi dengan porsi besar. Wah seram banget yah. Eitss tapi ada yang lebih serem lho, sakit tapi gak punya asuransi! Bukan cuma pusing mikirin kondisi badan aja, keadaan finansial juga jadi gak menentu. Beli asuransi kesehatan yang menjamin kamu aman dan tanpa beban yuk di Asuransi Receh!