Berapa Dana Darurat Ideal? Ini Jumlah dan Cara Menghitungnya

Berapa Dana Darurat Ideal? Ini Jumlah dan Cara Menghitungnya

Berapa dana darurat ideal yang sebaiknya dimiliki untuk persiapan menghadapi hal-hal tidak terduga? Misalnya jika sewaktu-waktu pada saat sakit atau kecelakaan, pada saat kamu tidak memiliki penghasilan atau pekerjaan.

Data dari BPS menunjukkan sampai pada Februari 2021 sebanyak 12,11 juta orang kehilangan pekerjaan, dampak dari Covid-19. Bayangkan kalau kamu salah satunya.

Untuk itu, agar pada saat kondisi yang sangat genting kamu tidak bingung memikirkannya, berikut ini uraian singkat mengenai dana darurat maupun cara mendapatkannya.

 

Apa itu Dana Darurat?

Pengertian dana darurat adalah sejumlah simpanan uang yang penggunaannya pada saat ada kondisi tidak terduga muncul dalam kondisi genting secara keuangan. Dengan istilah lain, ini merupakan cadangan uang simpanan yang dapat kamu gunakan sewaktu-waktu, saat adanya kebutuhan mendesak yang perlu terpenuhi.

Dengan demikian apabila ada kejadian tidak terduga yang memerlukan biaya, hal itu tidak akan mengganggu anggaran rutin yang sudah berjalan. Dan kejadian tersebut tidak membuat kamu jatuh bangkrut.

 

Berapa Dana Darurat Ideal?

Idealnya dana darurat yang dimiliki seseorang, dapat memenuhi tiga kali kebutuhan tidak terduga. Dimana pada saat kamu mengalami kondisi darurat uang cadangan tersebut dapat menutupi biaya tadi, tanpa menghabiskan itu sendiri.

Perhitungan rumus dana darurat yang ideal adalah minimalnya sepuluh kali besaran pengeluaran bulanan kamu. Kalau kamu masih single jumlah tersebut minimal lima kali dari kebutuhan rutin. Dengan demikian pada saat terjadi kondisi mendesak kamu masih dapat bertahan tanpa kendala.

Contoh perhitungan dana darurat:

Gaji kamu adalah 5 juta per bulan, maka dana darurat yang sebaiknya dimiliki adalah:

Dana darurat = 5 juta x 10 bulan = 50 juta

 

Cara Mengumpulkan Dana Darurat

Cara sederhana untuk menyiapkan dana darurat adalah dengan menabung. Setidaknya alokasi dana tersebut sekitar 10 persen dari gaji bulanan kamu, yang disimpan pada tempat hanya kamu pribadi dan orang kepercayaan keluarga yang mengetahuinya.

Selain itu kamu juga bisa ikut asuransi, sehingga selama dalam masa pertanggungan, apabila terjadi sesuatu biayanya dapat tertutupi.

Untuk contoh dana darurat tambahan yang praktis, kamu dapat menggunakan Kesehatan Receh maupun Kecelakaan Receh, asuransi murah dengan jaminan klaim cair dalam 24 jam. Hanya dengan menyisihkan Rp16.000 kamu sudah mendapat perlindungan kesehatan selama setahun.

 

"Ibarat pepatah sedia payung sebelum hujan, siapkan dana darurat sebelum terjadi kebutuhan mendesak pada kondisi sulit."

 

Penutup

Dengan mengetahui dana darurat ideal, kamu dapat memilih sendiri mana asuransi yang sesuai dengan kemampuan. Asuransi Receh bisa menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang menginginkan asuransi murah. Premi mulai dari Rp15.000/tahun, dengan garansi klaim 24 jam. Klik di sini untuk tahu informasi lebih lanjut seputar Asuransi Receh.