Cara Daftar Asuransi Jiwa dan Syarat yang Diperlukan

Cara Daftar Asuransi Jiwa dan Syarat yang Diperlukan

Cara daftar asuransi jiwa tidaklah sulit, bahkan kamu dapat melakukannya secara online. Yang terpenting, semua syaratnya sudah kamu persiapkan dengan lengkap agar prosesnya cepat.

Tidak mengapa jika saat ini kamu baru mulai menggunakan asuransi jiwa. Ini sudah suatu kemajuan.

Kamu dapat mengikuti panduan dari artikel ini untuk proses pendaftarannya. Artikel ini juga akan memberi tahu apa saja syarat yang perlu kamu persiapkan.

 

Langkah-Langkah Cara Pendaftaran Asuransi Jiwa

Tentu saja sebelum melakukan pendaftaran, pilih penyedia layanannya dulu. Kamu bisa gunakan Asuransi Receh yang menawarkan premi ekonomis dengan perlindungan setahun penuh.

Selanjutnya, ikuti cara mendaftar asuransi jiwa berikut ini. Secara umum, langkahnya meliputi prosedur administratif dan seleksi underwriting.

 

Langkah 1: Pilih Produk Asuransi

Pilihlah produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansialmu.

Ini bukan hanya soal pilihan manfaat yang bisa kamu peroleh, melainkan juga kemampuan dalam membayar premi. Jangan sampai di tengah-tengah jalan kamu justru tidak mampu untuk membayar premi.

Jika merasa sulit karena pilihan premi yang terbatas, kamu bisa gunakan Jiwa Receh, contoh produk asuransi jiwa yang menyediakan pilihan premi lebih fleksibel mulai dari Rp 16.400.

 

Langkah 2: Siapkan Persyaratan

Pendaftaran asuransi jiwa membutuhkan KTP, SIM, buku nikah (bagi yang sudah menikah), dan akta kelahiran anak yang menjadi ahli waris.

Beberapa di antaranya terkadang membutuhkan NPWP, hasil medical check-up dan dokumen pendukung lainnya.

Ini tergantung pada kebijakan perusahaan. Kamu bisa menanyakan hal ini secara lengkap langsung ke pihak penyedia layanan.

 

Langkah 3: Lakukan Pendaftaran

Lakukan pendaftaran secara online atau offline. Kamu bisa langsung mendatangi agen asuransi untuk pendaftaran offline. Sementara cara daftar asuransi jiwa online melalui situs resmi perusahaan.

Jika tersedia, sebaiknya pilihlah proses pendaftaran online saja, karena kamu tidak perlu ke kantor. Kamu juga tidak perlu bolak-balik jika ternyata ada dokumen yang kurang.

 

Langkah 4: Isi SPAJ

Isi SPAJ (Surat Pengajuan Asuransi Jiwa) dengan benar dan sesuai dengan kondisi yang ada. SPAJ akan berisi informasi detail terkait data diri dan kondisi kesehatan nasabah.

Pengisian SPAJ secara jujur akan meminimalisasi terjadinya penolakan karena adanya pre-existing condition.

 

Langkah 5: Bayar Premi Pertama

Cara membuat asuransi jiwa selanjutnya adalah dengan melakukan pembayaran premi pertama. Ini menjadi syarat untuk mengaktifkan akun. Biaya premi asuransi jiwa dimulai dari belasan ribu rupian hingga ratusan ribu rupiah.

Di awal, saat memilih produk asuransi, pastinya kamu sudah menentukan besarnya biaya premi yang harus kamu bayar.

 

Langkah 6: Tunggu Hasil Seleksi Underwriting

Setelah proses peninjauan selesai, pihak underwriting akan memberi keputusan, apakah pengajuan disetujui, ditolak, atau disetujui dengan tambahan premi.

Ada beberapa faktor yang menjadi dasar keputusan underwriting. Pertama, kondisi kesehatan dan yang kedua besarnya premi yang kamu ajukan.

 

 

Pilihan Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia

“Jangan bebankan orang yang kamu tinggalkan dengan kerugian finansial. Miliki asuransi jiwa sekarang juga!”

 

Gunakan Asuransi Receh untuk dapatkan besarnya premi yang ekonomis dan banyak pilihannya. Cukup bayar sekali dan nikmati manfaatnya hingga setahun penuh.

Tak perlu tunggu tua, sekarang juga kamu bisa daftar asuransi jiwa dan ikuti prosedur cara daftar asuransi jiwa di atas. Klik di sini untuk bergabung bersama Asuransi Receh!