Cara Mengatasi Keringat Berlebihan di Wajah dalam 5 Langkah

Cara Mengatasi Keringat Berlebihan di Wajah dalam 5 Langkah

Hiperhidrosis atau keringat berlebih bisa menimbulkan rasa tak nyaman, apalagi jika terjadi di wajah. Untuk itu, ada beberapa cara mengatasi keringat berlebihan di wajah yang bisa kamu terapkan.

Penyebab keringat berlebih pada wajah cukup bervariasi, bisa karena primer (gangguan pada kelenjar keringat), atau sekunder (akibat penyakit lain).

Untuk keringat berlebih akibat penyakit lain seperti jantung, diabetes, stroke, dan sebagainya, tentu penyakit utama yang perlu diobati.

Adapun untuk penyebab primer, kamu bisa menggunakan cara menghilangkan keringat di wajah secara alami berikut ini.

 

1. Mandi Teratur

Mandi secara teratur bisa membersihkan kulit dari kuman dan melembapkan kulit. Ini secara tidak langsung akan mengurangi kebutuhan kulit untuk mendapatkan hidrasi melalui keringat.

Cuci muka dengan air bersih pun bisa memberikan efek yang sama. Namun, hati-hati dalam menggunakan sabun pembersih muka agar tidak terlalu sering karena bisa  menyebabkan wajah terasa kering.

 

2. Atur Pola Makan

Mengonsumsi makanan tertentu dapat secara aktif mendorong produksi keringat. Di antaranya termasuk masakan panas, makanan pedas, serta yang mengandung alkohol dan kafein, sehingga perlu kamu hindari.

Selain itu, kamu juga mungkin perlu untuk mengatur diet agar tidak memiliki berat berlebih. Ini karena obesitas juga bisa jadi pemicu peningkatan suhu basal yang mendorong produksi keringat.

 

3. Hindari Cuaca Panas

Cuaca panas dapat menaikkan suhu tubuh, membuat tubuh harus melepas keringat untuk mendinginkan badan. Hal ini sama juga dengan menggunakan pakaian tebal yang bikin gerah dan panas.

Maka dari itu, gunakan pakaian berbahan yang menyerap keringat dan breathable. Hindari juga berada di bawah panas matahari terik atau ruangan tertutup yang tak memiliki pendingin atau ventilasi memadai.

 

4. Sedia Handuk Kecil

Handuk kecil dari bahan yang halus dan menyerap keringat bermanfaat untuk mengatasi keringat berlebih. Meski tidak menghentikan, tapi dapat mengurangi keluhan orang sekitar yang dapat mengurangi kepercayaan diri kamu.

 

5. Minum yang Cukup

Selain berupaya menurunkan produksi keringat, kamu juga perlu memastikan kebutuhan air tubuh tercukupi.

Air yang cukup juga dapat menurunkan suhu tubuh sehingga mengurangi produksi keringat secara tidak langsung.

Adakalanya kamu perlu mendapatkan bantuan profesional jika memang keluhan ini sudah terlalu mengganggu. Untuk itu, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter tentang cara mengatasi keringat berlebihan di wajah.

 

Jangan lupa gunakan asuransi kesehatan untuk mendapatkan manfaat optimal dengan biaya minimal. Gunakan Asuransi Kesehatan Receh yang memberikan kamu pertanggungan hingga Rp1 juta dengan premi mulai dari Rp16.000 setahun. Klik disini untuk info selengkapnya.