Cara Mengatur Gaji 2 Juta Dengan Mengatur Tiga Prioritas

Cara Mengatur Gaji 2 Juta Dengan Mengatur Tiga Prioritas

Penghasilan Rp 2.000.000 bukan uang yang banyak, apalagi kalau Anda tinggal di kota besar seperti Ibukota Jakarta. Jangan berkecil hati, gunakan cara mengatur gaji 2 juta per bulan ini sebagai panduan agar penghasilan Anda bisa cukup untuk berbagai keperluan.

Terlepas dari besar atau kecilnya gaji, tujuan dari perencanaan finansial dengan gaji 2 juta ini adalah menyisihkan sebagian penghasilan untuk tabungan.

Tabungan ini bisa Anda gunakan untuk berbagai macam keperluan di masa depan. Gaji 2 juta ingin beli mobil? Bisa - caranya ada di bawah.

Prioritas Pertama: Gunakan Aturan Pembagian Gaji 50 30 20

Prioritas tertinggi untuk mengatur gaji Rp 2 juta adalah membaginya dengan peraturan 50/30/20:

  • 50% gaji = Kebutuhan
  • 30% gaji = Keinginan
  • 20% gaji = Tabungan

Dengan pembagian seperti ini, berarti gaji Anda sebesar Rp 2.000.000 akan teralokasi menjadi seperti ini:

  • Rp 1.000.000 = Kebutuhan
  • Rp 600.000 = Keinginan
  • RP 400.000 = Tabungan

Yang termasuk kebutuhan adalah: stok makanan, keperluan dapur, transportasi, cicilan kendaraan, rumah, dan lain sebagainya.

Keinginan adalah hal-hal yang sifatnya sekunder atau kebutuhan tidak tetap, seperti: traveling, belanja online, dan lainnya.

Sesuai dengan namanya, tabungan berarti: apa saja yang termasuk ke dalam keperluan di masa depan. Kalau Anda memiliki kemampuan analisis, Anda juga bisa mengalihkan dana ini sebagai modal investasi.

Prioritas Kedua: Buat Laporan Keuangan

Meskipun nilainya kecil, keberadaan laporan keuangan sangat vital - apalagi kalau Anda sudah berkeluarga dan mengatur gaji suami 2 juta. Tidak perlu laporan keuangan yang detail, Anda bisa membuat laporan simpel yang terbagi menjadi dua kategori, pengeluaran tetap dan pengeluaran variabel.

Contoh pengeluaran tetap: cicilan kendaraan, biaya kontrakan, dan Wi-Fi.

Contoh pengeluaran variabel: cemilan harian, transportasi, dan liburan.

Prioritas Ketiga: Hapus Pengeluaran Kecil yang Tidak Perlu

Untuk mencapai tujuan finansial, Anda harus berkorban. Demi mencapai tujuan dari cara mengatur gaji 2 juta agar sukses dan bisa Anda tabung untuk beli mobil atau hal lain, hapus pengeluaran kecil yang tidak perlu. Contohnya: langganan Netflix/Spotify, TV kabel, dan beli kopi lewat Go-food.

Pengeluaran kecil yang tidak perlu Anda hapus adalah asuransi. Anda bisa tetap memiliki asuransi dengan gaji Rp 2 juta sebulan karena Asuransi Receh Ciputra Life preminya murah, praktis, dan hanya perlu sekali bayar. Anda belum punya? Cek di sini untuk memilikinya.

 

# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life
#PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan