Kenali 5 Jenis Asuransi Mobil, Mana yang Paling Baik?

Kenali 5 Jenis Asuransi Mobil, Mana yang Paling Baik?

Mobil merupakan salah satu aset yang perlu mendapatkan perlindungan mengingat harga beli dan biaya perawatannya cukup besar. Namun, sebelum memilih, kenali dulu apa saja jenis asuransi mobil agar tahu mana yang perlu kamu miliki.

Asuransi mobil adalah asuransi yang menanggung risiko terkait mobil atau kendaraan. Sedikitnya, ada 5 jenis asuransi mobil yang perlu kamu ketahui. Berikut ini adalah penjelasannya.

Total Loss Only

Jenis asuransi ini hanya menanggung jika terjadi kerusakan pada kendaraan secara total alias kendaraan tidak dapat digunakan lagi. Paling minimal, tingkat kerusakan mencapai 75%.

Selain itu, bisa juga akibat kehilangan atau pencurian yang mengakibatkan total kerugian 100%.

All Risk

Jenis asuransi ini menanggung semua risiko kerusakan pada kendaraan secara lengkap. Ini termasuk mulai dari baret atau lecet pada mobil, kondisi mobil rusak parah, hingga kehilangan.

Lengkapnya perlindungan yang tersedia membuat asuransi ini menjadi pilihan terbaik. Namun, tentunya premi yang perlu kamu bayarkan relatif lebih besar dari jenis asuransi mobil lainnya.

Collision Coverage

Jenis asuransi ini hanya menanggung risiko kerusakan yang terjadi akibat kecelakaan berupa tabrakan.

Di satu sisi, asuransi ini menanggung semua biaya yang kamu keluarkan untuk perbaikan mobil sebesar apa pun, bahkan hingga mengganti mobil.

Namun di sisi lain, asuransi ini biasanya tidak menanggung kerugian akibat kecelakaan tunggal atau kelalaian pengemudi.

Liability Insurance

Jenis asuransi ini juga menanggung risiko kasus yang sama, yaitu kecelakaan. Hanya saja, perlindungan tidak hanya tersedia untuk kendaraan saja, tapi juga perawatan kesehatan bagi pengemudi.

Dengan demikian, bisa dibilang asuransi ini merupakan jenis asuransi mobil kombinasi yang setingkat di atas collision coverage.

Personal Injury Protection

Berbeda dengan jenis asuransi mobil lain yang berfokus pada kendaraan, Personal Injury Protection berfokus pada orang, pengemudi dan penumpang.

Karena fokusnya pada orang, maka asuransi ini memberikan perlindungan juga untuk kecelakaan tunggal.

Lantas, mana yang merupakan pilihan terbaik?

 

Untuk fasilitas lengkap, memiliki asuransi All Risk dan Personal Injury Protection sudah mencakup semuanya. Namun, tentunya kamu perlu mempertimbangkan juga faktor lain seperti premi.

Yang pasti, sebelum membeli asuransi mobil, miliki dulu asuransi kecelakaan yang memberi perlindungan bagi pengemudi. Untuk yang preminya kecil, kamu bisa memiliki Asuransi Kecelakaan Receh.

Preminya hanya sekali bayar untuk 1 tahun, mulai dari Rp15.000 saja dengan nilai santunan bagi yang meninggal karena kecelakaan mencapai Rp100 juta.

 

Jadi, tak ada alasan untuk tidak memiliki asuransi.  Lindungi dirimu sekarang juga dengan Asuransi Receh!