Kenali Gejala dan Fase Demam Berdarah

Kenali Gejala dan Fase Demam Berdarah

Pergantian cuaca yang drastis dan tidak menentu di musim pancaroba ini membuat kita semua harus was-was dengan berbagai virus penyakit yang muncul, seperti salah satunya adalah Demam Berdarah Dongue (DBD).

 

Demam Berdarah Dongue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes albopictus, yang hidup di wilayah tropis dan subtropis termasuk di Indonesia. Nyamuk-nyamuk ini memiliki kemampuan terbang sejauh 100 meter sehingga proses penularannya berlangsung sangat cepat ke setiap tubuh manusia dan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Karena itu, kamu perlu mengetahui perbedaan gejala demam berdarah yang muncul beserta gejala penyakit lain sehingga tidak mengabaikannya. Berikut beberapa gejala demam berdarah yang sebaiknya tidak boleh kamu abaikan:

1.   Demam Tinggi (High Fever)

Demam akan muncul mendadak dengan suhu mencapai 40 derajat Celcius atau lebih.

 

2.   Sakit Kepala (Headache)

Akan merasakan sakit kepala cukup berat yang terjadi di sekitar dahi dan ubun-ubun, sehingga mata bisa berkunang-kunang.

 

3.   Nyeri Sendi & Otot (Joint & Muscle Pain)

Mulai timbul rasa nyeri pada bagian otot, sendi, dan tulang. Nyeri ini biasanya mulai terasa setelah demam muncul dan disertai dengan tubuh menggigil dan berkeringat.

 

4.   Timbul Bintik Merah dan Ruam

Pada fase ini kulit akan timbul bintik-bintik merah atau bercak pada sekujur tubuh. Hal ini disebabkan oleh virus dengue yang menyerang sistem pembekuan darah di dalam tubuh.

 

5.   Mual dan Muntah (Vomiting)

Pada kondisi sakit, asam lambung akan naik yang menyebabkan rasa mual dan perasaan ingin muntah. Penderita biasanya mengalami kurangnya nafsu makan.

 

6.   Mungkin Timbul Diare

Walau jarang ditemukan penderita DBD yang terkena diare, virus dengue dapat menyebabkan masalah pada pencernaan dan penyerapan air pada usus besar sehingga penderita demam berdarah mengalami diare dengan feses berwarna hitam.

 

Setelah mengetahui gejala DBD di atas, berarti kamu atau orang yang kamu sayangi sudah pasti positif terkena virus DBD. Oleh karena itu, sesegera mungkin harus segera dibawa ke Rumah Sakit untuk mendapat perawatan untuk pertolongan pertama sebelum menjadi lebih buruk.

Pastikan kamu dan keluarga memakan makanan yang sehat, menjaga kebersihan rumah/kantor, membersihkan segala genangan air, serta WAJIB punya Asuransi Receh dengan beragam manfaat untuk proteksi dini.

 

# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life
# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan