Keren, Segudang Manfaat Kopi yang Tersembunyi!

Keren, Segudang Manfaat Kopi yang Tersembunyi!

Siapa yang tak suka dengan minuman pahit satu ini? Pasti banyak dari kalian yang suka dengan minuman satu ini. Yap! Kopi! Minuman yang sedang digandrungi ini menjadi minuman andalan bagi generasi yang suka begadang dan berkumpul bersama teman maupun keluarga. Bahkan beberapa orang menjadikan minuman satu ini sebagai minuman yang dapat meningkatkan semangat dan kinerja  seseorang. Hal ini tentu bukan hoax semata loh. Yuk cek manfaat dari minum kopi bagi kesehatan!

 

Manfaat Meminum Kopi Bagi Kesehatan:

1.  Mencegah Penyakit Diabetes tipe 2

Para peneliti dari Harvard menyatakan bahwa orang yang meminum kopi sebanyak satu cangkir per hari memiliki risiko 11x lebih rendah untuk terkena diabetes tipe 2. Hal ini terjadi karena kandungan polyphenol dalam kopi yang dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Peningkatan kadar insulin inilah yang dapat mengatur kadar gula darah sehingga meminum kopi dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

 

2.  Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Dalam biji kopi alami, terdapat kandungan zat asam klorogenat yang berperan penting dalam mencegah beberapa penyakit. Salah satu penyakit yang dapat dicegah dengan konsumsi kopi adalah penyakit kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular ini cukup berbahaya loh C’Lifers jika tidak ditangani segera. Tapi kamu juga harus waspada konsumsi kopi berlebihan justru sangat berbahaya.

 

3.  Melindungi dari Penyakit Parkinson

Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi kopi dapat menurunkan risiko terkena Parkinson hingga 25%. Kandungan kafein dalam kopi dapat merangsang kerja otak yang membuat penyakit neurodegenaratif seperti Parkinson dapat dihindari dini dengan mengkonsumsi kopi dengan porsi dan takaran yang tepat.

 

4.  Mencegah Penyakit Kanker

Dari beberapa penelitian yang dilakukan, meminum kopi memiliki efek anti-karsinogenik dalam tubuh. Manfaat ini dapat mencegah seseorang dari beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanker usus, kanker pankreas, dan kanker prostat. Wah ternyata manfaat dari minuman satu ini tidak main-main ya.

 

5.  Mencegah Gigi Berlubang

Kopi merupakan minuman yang mengandung banyak mineral di dalamnya. Kopi juga merupakan minuman yang kaya antioksidan yang dapat meningkatkan kepekaan terhadap kerusakan gigi. Tapi perlu diingat mengkonsumsi kopi dengan gula berlebih justru dapat meningkatkan karies gigi. Jadi konsumsi kopi dengan porsi yang sesuai kebutuhan ya!

 

6.  Mengurangi Rasa Kelelahan

Penelitian mengatakan bahwa orang yang meminum kopi 1-2 gelap per harinya memiliki kemungkinan lebih kecil untuk merasa lelah loh. Dengan meminum kopi justru tubuh akan semakin energik sobat C’Lifers.

 

7.  Mengurangi Risiko Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal dapat terjadi karena adanya pengaruh kondisi kesehatan lainnya. Jika kamu sudah memiliki penyakit kardiovaskular, maka tidak menutup kemungkinan kamu juga berisiko untuk terkena penyakit ginjal. Meminum kopi dengan takaran dan porsi tepat dapat membantu mengurangi risiko penyakit ini loh. Kandungan asam klorogenat lagi-lagi menjadi zat penting bagi kesehatanmu.

 

8.  Meningkatkan Kinerja dan Stamina

Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi ternyata berguna untuk meningkatkan stamina dan kinerja seseorang. Tidak aneh ya, banyak orang Indonesia yang terbiasa meminum kopi saat sedang bekerja maupun melakukan aktivitas lainnya.

 

9.  Mengurangi Rasa Kantuk

Seharian mengerjakan kerjaan di kantor yang segunung tentu sangat membosankan. Belum lagi rasa kantuk yang muncul tiba-tiba. Meminum kopi biasanya dijadikan sebagai tips untuk menghilangkan rasa kantuk. Hal ini bukan hoaks loh kandungan kafein dalam kopi membuat mata dapat terjaga lebih lama dibanding tidak meminum kopi loh.

 

10.              Mengurangi Berat Badan

Masalah berat badan kini hampir dialami oleh semua kalangan. Tidak hanya perempuan, laki-laki di zaman ini juga kerap memperhatikan berat badan loh. Menggunakan obat pelangsing yang belum tentu keamanannya terkadang menjadi solusi bagi banyak orang. Eits! Cukup konsumsi kopi hijau kamu dapat menurunkan berat badan loh karena adanya kandungan asam klorogenat di dalamnya. Selamat mencoba!

 

11.              Meningkatkan Daya Ingat

Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi dapat mengaktifkan beberapa bagian pernting otak yang berfungsi dalam berkonsenterasi dan menyimpan memori. Jadi, tidak salah lagi kalau meminum kopi dapat meningkatkan daya ingat kita ya C’Lifers.

 

12.              Mengurangi Stress

Bagi sebagian orang kopi menjadi obat untuk meredakan stress. Pernyataan ini bukan isu belaka. Adanya senyawa alkaloid dalam kopi berfungsi untuk memblokir reseptor stress.

 

13.              Meningkatkan Performa saat Berolahraga

Lagi-lagi kafein dalam kopi memiliki manfaat untuk meningkatkan performa otot. Hal ini karena adanya mekanisme perubahan lemak menjadi energi yang meningkatkan kadar kalsium dalam sel otot. Peningkatan kadar kalsium ini loh ternyata yang membuat kita semakin energik saat olahraga.

 

14.              Anti Hipertensi

Bagi kamu penikmat kopi hijau, perlu kamu ketahui loh bahwa dalam kopi hijau terdapat kandungan grup asam klorogenat yang tidak membahayakan dan bahkan dapat menjadi obat bagi pasien dengan tekanan darah tinggi.

 

15.              Meningkatan Metabolisme Tubuh

Meminum kopi ternyata dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan metabolisme loh. Adanya flavonoid dan magnesium yang terkandung dalam kopi ini lah yang membuat metabolisme tubuh lebih lancar.

 

16.              Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit sehat dan cerah menjadi idaman semua wanita tentunya. Tapi tahukah kamu? Larutan kopi dalam air mengandung vitamin E yang memiliki manfaat untuk melembapkan kulit dan menyamarkan noda hitam sehingga kulit wajah akan terlihat sehat dan juga cerah.

 

Ternyata kopi mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan ya C’Lifers! Tapi kamu harus ingat nih bahwa konsumsi kopi dengan campuran gula, susu, krimer, dan bahan pemanis lainnya dalam porsi yang berlebihan justru membawa dampak buruk bagi kesehatanmu.

 

Untuk menjaga kesehatan kamu, minum kopi saja tidak cukup. Kamu dapat menjamin kesehatan kamu dengan berasuransi di Asuransi Receh. Dengan klaim yang mudah dan cepat, kesehatanmu sudah terlindungi.

 

# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan