Menangis Ternyata Mempunyai Manfaat Kesehatan Lho!

Menangis Ternyata Mempunyai Manfaat Kesehatan Lho!

C’Lifers, siapa yang suka mellow dan cepat nangis dalam beberapa situasi? Eits, tapi kamu gak perlu khawatir dan menyesal lagi karena sebenarnya menangis juga mempunyai manfaat lho!

 

Pada dasarnya, manusia mengeluarkan air mata disebabkan oleh 3 hal, yaitu:

1.   Air mata basal

Air mata basal merupakan cairan yang memang diproduksi oleh mata. Jadi tanpa kondisi apapun, mata kalian dapat berair sewaktu-waktu. 

 

2.   Air mata emosional 

Kalau ini tentunya beda dong, air mata ini biasanya keluar ketika kalian dalam situasi yang melibatkan perasaan. 

 

3.   Air mata reflex

Siapa yang suka menangis kalau sedang mengiris bawang ataupun terkena debu? Air mata reflex ini akan keluar dari mata kalian untuk melindung mata kalian lho. 

 

Ternyata, menangis gak Cuma bisa bikin perasaan lega, tapi juga punya beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan kita, seperti di bawah ini:

 

1.   Meningkatkan mood

Selain menjadi lebih relax, ternyata dengan menangis kamu juga bisa meningkatkan mood kamu lho karena dengan menangis biasanya tubuh mengaktifkan sistem saraf simpatik yang berpengaruh pada peningkatan suasana hati yang senang.

 

2.   Meredakan stress

Dengan menangis biasanya hormon stres juga ikut luruh loh sobat C’Lifers. Hal ini terjadi karena dengan menangis, jumlah hormon kortisol atau hormon stres pada tubuh akan menurun sehingga dapat meredakan stres kamu. 

 

3.   Mengurangi tekanan darah tinggi 

Kamu tahu gak sih kalau semakin seseorang stress maka tekanan darahnya juga semakin tinggi. Jadi dengan kamu menangis secara tidak langsung hormon stres menurun dan tekanan darah juga ikut menurun. 

 

4.   Sebagai detoksifikasi 

Dengan menangis kamu juga bisa mendetox badan kamu lho! Menurut penelitian disebutkan dengan menangis zat racun dapat tereliminasi dari tubuh kamu. 

 

5.   Mencegah mata kering dan mencegah bakteri 

Dengan kamu mengeluarkan air mata berarti kamu sudah memproteksi mata kamu dari kondisi mata kering yang dapat menyebabkan iritasi dan juga infeksi bakteri. Semua itu dapat terjadi karena air mata mengandung lemak, air, lendir, dan protein yang menjaga matamu agar tetap sehat.

 

 

Jadi kamu gak perlu khawatir ya sobat C’Lifers jika suatu saat mata kamu memproduksi air mata. Tapi perlu diingat jangan terlalu larut juga dalam kesedihan yang membuat kamu jadi menangis terus menerus. Semoga sobat C’Lifers selalu bahagia! 



# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life
# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan