Olahraga Itu untuk Sehat, Bukan untuk Kurus

Olahraga Itu untuk Sehat, Bukan untuk Kurus

Banyak orang yang ingin berolahraga karena ingin kurus. Memang di zaman sekarang kurus menjadi impian bagi sebagian besar orang, khususnya wanita. Kurus dianggap bagian yang tidak terpisahkan dari kecantikan, oleh karena itu ketika berolahraga sekalipun yang menjadi tujuan utama bahkan bukan kesehatan.

 

Tapi, apakah Kamu pernah berpikir bahwa Kamu tidak akan bisa cantik kalau tidak sehat. Mulailah ubah pandangan Kamu soal kurus dan kecantikan mulai sekarang, karena olahraga itu untuk sehat, bukan untuk kurus. Berikut informasinya!

 

Fokus ke gaya hidup, bukan ke ukuran tubuh

Jika Kamu melakukan olahraga dengan tujuan untuk kurus, sepertinya Kamu harus mulai berubah pola pikir tersebut. Hanya dengan begitu Kamu tidak akan merasa begitu terbebani ketika melakukan olahraga dan lebih mengedepankan kesehatan Kamu sendiri. Ingatlah bahwa Kamu berolahraga karena Kamu perlu untuk tetap fit dan bugar, bukan sekedar untuk mendengar pujian. Jika pikiran Kamu hanya terfokus pada kurus, olahraga yang Kamu lakukan bisa jadi tidak akan bisa membawa dampak yang signifikan bagi kesehatan.

 

Ubahlah tujuan Kamu dengan melakukan olahraga untuk mendapatkan energi, bukan membakar sebanyak-banyaknya kalori. Makanlah untuk memberi nutrisi bagi tubuh dan hargailah diri Kamu sendiri, hingga pada kekurangan yang Kamu miliki. Untuk itu, yang Kamu butuhkan sekarang adalah gaya hidup sehat, di mana Kamu akan menargetkan kesehatan bukan kekurusan dalam daftar prioritas hidup Kamu.

Ada beberapa hal yang bisa Kamu lakukan untuk memulai gaya hidup yang sehat. Pertama, hindari lapar. Lapar adalah tKamu tubuh butuh asupan makanan. Jika Kamu sudah makan, makanlah lebih banyak. Lapar memang mungkin bisa membuat Kamu kurus, namun sama sekali tidak akan menuntun Kamu pada gaya hidup sehat jangka panjang.

 

Kedua, jangan lakukan exercise yang Kamu tidak sukai. Karena Kamu tidak akan bertahan dalam melakukan jenis exercise tertentu jika Kamu tidak menikmati prosesnya. Oleh karena itu, teruslah cari jenis exercise yang Kamu sukai dan lakukan dengan rutin agar kesehatan Kamu tetap prima. Ketiga, jangan berhenti pada tanggal atau angka akhir. Gaya hidup yang sehat bukanlah tentang bertahan pada proses diet dalam kurun waktu tertentu atau mengkonsumsi makanan sehat sampai Kamu mencapai angka berat badan yang Kamu inginkan. Gaya hidup yang sehat adalah ketika Kamu secara terus menerus peduli terhadap kesehatan Kamu dan menjaganya sepanjang hidup.

 

Koreksi mindset Kamu tentang "kurus"

Kamu harus mengerti bahwa kurus tidak berarti sehat. Obesitas memang dianggap sebagai tantangan kesehatan yang sangat besar dan perlu dihindari, namun menjadi kurus tidak lebih baik dari mengalami obesitas. Ahli exercise, Steven Blair, menyebut bahwa berdasarkan berbagai penelitian yang ada, orang-orang bertubuh kurus yang tidak fit secara fisik dan tidak mengandalkan pola hidup sehat memiliki tingkat kematian yang sangat tinggi. Sebagai perbandingan, mereka yang berat badannya berlebih dan fit bahkan memiliki tingkat kemungkinan hidup yang lebih tinggi.

 

Pakar kardiologi Amerika Serikat, peneliti medis dan penulis The Obesity Pardox juga setuju bahwa seseorang yang bertubuh kurus namun memiliki massa otot yang rendah dan tidak aktif secara fisik serta memiliki tingkat kebugaran yang rendah memiliki profil yang sangat tidak sehat. Mereka yang kelebihan berat badan atau yang mengalami obesitas ringan namun fit atau bugar jauh lebih baik dibanding mereka yang kurus dan tidak fit.

 

Sehat = cantik, bukan kurus

Ada perbedaan yang sangat besar antara menjadi kurus dan menjadi sehat. Definisi mengenai kurus memang sudah masuk ke dalam benak para remaja putri yang melihat begitu banyak model terkenal atau remaja-remaja lain di luar sana yang terobsesi dengan tubuh kurus. Cara pandang tersebut memang umum terjadi, namun yang harus Kamu lakukan adalah melepaskan diri dari pandangan tersebut.

 

Nyatanya, tidak semua orang menganggap bahwa kurus adalah satu-satunya cara agar terlihat cantik. Malahan jika Kamu kurus namun tidak fit, orang-orang akan kembali memberikan Kamu kritik dan Kamu akan kembali merasa tidak puas. Untuk itu, Kamu harus terlepas dari keinginan untuk mendapat pengakuan dari orang lain. Jika Kamu menetapkan standar kecantikan Kamu dari pandangan orang lain, dijamin Kamu tidak akan pernah bahagia.

 

Karena itu, mulailah membangun nilai-nilai Kamu sendiri. Jika Kamu berkiblat pada para wanita yang berkarir di bidang olahraga, Kamu akan sadar bahwa sebagian besar dari mereka tidak memiliki tubuh yang kurus, namun mereka sehat. Karena sehat mereka pun terlihat cantik dan percaya diri.

 

Yakinlah bahwa jika Kamu sehat, Kamu akan terlihat cantik dan bisa menjalankan kehidupan lebih baik. Semoga informasi ini bermanfaat!