Penderita Asma Tetap Bisa Berpuasa! Simak Tipsnya

Penderita Asma Tetap Bisa Berpuasa! Simak Tipsnya

 

Memasuki seminggu pertama bulan Ramadan, tentunya C’Lifers ingin menunaikan ibadah puasa selancar mungkin. Namun, sebagian orang dengan penyakit tertentu seperti asma khawatir kalau penyakit asma yang diderita akan kambuh saat sedang menjalankan puasa. Faktanya, menurut jurnal ilmiah Annals of Allergy, Asthma, and Immunology, sebesar 90% pengidap asma yang menjalankan puasa tidak melaporkan keluhan terkait serangan asma. Jadi, kamu tetap bisa berpuasa dengan aman, C’Lifers. Ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar ibadah puasamu lancar. Simak tulisan di bawah, ya!

 

1.  Tetap gunakan inhaler

Dilansir dari halodoc.com, penggunaan inhaler saat sedang menjalankan ibadah puasa sudah disetujui oleh para petinggi agama. Meski alat ini dihirup dengan menggunakan mulut, inhaler tidak akan mempengaruhi sistem pencernaan sehingga dianggap tidak membatalkan puasa. Jangan lupa untuk selalu membawa inhaler kemanapun kamu pergi, ya C’Lifers.

 

2.  Hindari aktivitas berat

Aktivitas seperti olahraga berat atau aktivitas fisik lainnya yang membuat kamu mengeluarkan tenaga yang besar bisa memicu kambuhnya asma yang kamu miliki. Jadi, selama sedang berpuasa, kamu bisa membatasi aktivitas fisik. Lakukanlah aktivitas fisik atau olahraga yang ringan-ringan saja agar tubuhmu tetap bugar selama berpuasa dan asma yang kamu miliki tidak kambuh ya, C’Lifers.

 

3.  Gunakan masker

Udara kering bisa memicu gejala asma. Jadi, pastikan suhu ruangan kamu cukup lembab untuk kamu beraktivitas. Jika kamu harus beraktivitas di luar ruangan, selalu ingat untuk menggunakan masker agar kamu tidak terpapar udara kering.

 

4.  Memilih jenis makanan sahur dan berbuka

Selektif memilih makanan bisa membantu mengendalikan asma dan mencegah kekambuhan gejalanya, meskipun tidak benar-benar mengobati penyakit asma itu sendiri. Beberapa jenis makanan yang bisa C’Lifers konsumsi adalah makanan yang mengandung asam lemak omega 3 seperti minyak zaitun, salmon, tuna, dan sarden. Selain itu, makanan seperti apel, wortel, bayam, pisang, dan jahe juga baik untuk meredakan gejala asma.

 

5.  Banyak minum air putih

Ketika berpuasa, tidak adanya asupan cairan bisa memicu dehidrasi. Dehidrasi dapat mengeringkan saluran udara dan membuat penyakit asma yang kamu miliki semakin buruk. Jadi, saat berbuka dan sahur, jangan lupa untuk minum minimal 8 gelas air putih agar saluran pernapasan kamu tetap lembab ya, C’Lifers.

 

Sebaiknya kamu konsultasi dengan dokter agar kamu tetap lancar menjalankan puasa. Supaya kamu lebih tenang, jangan lupa untuk menambahkan perlindungan asuransi kesehatan. Ingin punya asuransi kesehatan yang terjangkau dan terpercaya? Ciputra Life jawabannya!

 

Sumber tulisan: hellosehat.com; halodoc.com

 

 

 

 

#Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life 
#PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan