Perbedaan Asuransi Jiwa dan Kesehatan, Lebih Penting Mana?

Perbedaan Asuransi Jiwa dan Kesehatan, Lebih Penting Mana?

Perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan terletak pada tujuan produknya. Asuransi jiwa menanggung kerugian finansial karena nasabah meninggal dunia. Sementara asuransi kesehatan memberikan jaminan biaya rumah sakit saat pemegang polis sakit atau kecelakaan.

Namun, di samping itu, masih ada beberapa aspek yang dapat menjadi pembeda. Mulai dari penerima manfaat, risiko yang ditanggung, hingga proses klaim.

Agar tidak salah, artikel ini akan menjelaskan perbedaan jenis asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

 

Perbedaan Asuransi Jiwa dan Kesehatan

Secara sekilas, kedua asuransi ini memang terlihat sama. Keduanya sama-sama memiliki pihak tertanggung berupa diri pribadi, bukan benda.

Namun, dalam beberapa aspek ternyata kedua jenis asuransi ini berbeda. Berikut adalah perbandingannya.

 

1. Penerima Manfaat

Penerima manfaat merupakan seseorang yang memperoleh keuntungan dari pihak pemberi asuransi saat terjadi risiko seperti yang tercantum pada polis.

  • Asuransi jiwa: Ahli waris dari pihak pemegang polis.
  • Asuransi kesehatan: Pemegang polis itu sendiri.

 

2. Risiko yang Ditanggung

Risiko yang ditanggung berupa ketidakpastian akan suatu peristiwa yang dapat menyebabkan kerugian ekonomi.

  • Asuransi jiwa: Perusahaan akan memberi pertanggungan saat pemegang polis meninggal dunia.
  • Asuransi kesehatan: Penerima polis menerima pertanggungan dari perusahaan saat membutuhkan penangan kesehatan.

 

3. Proses Klaim

Perbedaan antara asuransi jiwa dan kesehatan pada proses klaim terletak di sistem dan prosedurnya.

  • Asuransi jiwa: Ahli waris dari pemegang polis mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi dengan memberikan dokumen klaim dan polis.
  • Asuransi kesehatan: Perusahaan memberikan klaim ke pemegang polis sebagai ganti pengobatan (sistem reimburse) atau langsung ke pihak rumah sakit (sistem cashless).

 

Mana yang Lebih Penting, Asuransi Jiwa atau Asuransi Kesehatan?

Meski memiliki beberapa perbedaan, pada dasarnya tidak ada yang lebih unggul. Keduanya sama-sama penting dan dapat mengantisipasi risiko-risiko yang dapat merugikan finansial.

 

“Di mana ada risiko, di situlah perlu adanya asuransi.”

 

Namun, semuanya kembali lagi ke kebutuhan kamu seperti apa. Jika perusahaan sudah memberikan asuransi kesehatan, tidak ada salahnya untuk mulai mengambil asuransi jiwa.

 

 

Dari pembahasan perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan di atas, keduanya memiliki manfaat yang sama-sama penting. Kamu dapat mengambil kedua asuransi tersebut di Asuransi Receh dari Ciputra Life, asuransi jiwa dan kesehatan terbaik dengan biaya premi yang sangat terjangkau yakni mulai dari Rp15.000*. Cukup bayar sekali di awal dan rasakan manfaatnya selama 1 tahun. Klik disini untuk info lebih lanjut.