Pers Indonesia Perangi Hoaks

Pers Indonesia Perangi Hoaks

Masih berkaitan dengan kegemparan dunia karena mewabahnya virus corona, baru-baru ini viral pemberitaan bahwa virus ini dapat menyebar lewat salah satu  merek ponsel ternama asal Cina. Waduh, ini fakta atau hoaks ya, C’Lifers? Nyatanya, Kemenkes mengeluarkan pernyataan bahwa virus corona (nCoV) tidak menular melalui barang ataupun pakaian karena virus membutuhkan inang untuk bertahan hidup. Jadi, sudah terbukti ini hoaks ya, C’Lifers. Sebagai netizen, kita juga harus pintar dalam menyortir dan menyebarkan informasi. Jangan sampai informasi palsu yang kita sebarkan merugikan orang lain dan kita sendiri.

Di era teknologi yang serba cepat ini, penyebarluasan berita seakan tak terbendung. Netizen pun memegang peranan penting dalam penyebaran informasi. Bertepatan dengan Hari Pers Nasional kemarin, yuk kita simak tips mengenali berita hoaks agar informasi yang kita sampaikan tidak berdampak buruk bagi orang lain dan kita sendiri.

1.    Jangan mudah terpancing judul provokatif

Judul sensasional dengan langsung menuding pihak tertentu kerap menjadi senjata bagi para pembuat hoaks. Segeralah mencari referensi dari portal berita terpercaya agar kamu mendapat konten berita yang lebih kredibel.

2.    Kenali alamat situs resmi dan tak resmi

Data dari Dewan Pers menyatakan bahwa ada sekitar 43.000 situs di Indonesia yang mengklaim sebagai portal berita, dan kurang dari 300 diantaranya yang teridentifikasi sebagai situs berita resmi. Artinya, ada sekitar puluhan ribu situs tak resmi yang berpotensi menjadi sumber penyebaran berita palsu yang patut diwaspadai.

3.    Cek fakta dari berbagai sumber

Langsung memercayai informasi yang datang dari satu sumber saja memang kurang bijak ya, C’Lifers. Maka dari itu, kamu perlu mengecek faktanya langsung dari sumber yang valid seperti institusi resmi.

Dengan tips-tips perangi hoaks di atas, tentu kamu sudah siap menjadi netizen yang lebih pintar dalam menyortir dan menyebarkan informasi, ya C’Lifers!

Selamat Hari Pers Nasional!

 

Jangan sampai tertipu berita hoaks, apalagi asuransi abal-abal. Bergabunglah sekarang bersama Ciputra Life, asuransi terpercaya anti tipu-tipu!

 

 

 

#Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life 
#PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan