Sering Ngerasa Ngantuk di Siang Hari? Ketahui Penyebabnya yuk!

Sering Ngerasa Ngantuk di Siang Hari? Ketahui Penyebabnya yuk!

Kalian pernah nggak sih sering merasa ngantuk dan tertidur secara tiba-tiba di siang hari? Kalau kamu pernah merasakan hal tersebut kayanya kamu mengalami gangguan tidur deh!

 

Gangguan ini sering disebut dengan Hipersomnia. Hipersomnia sendiri adalah tidur yang berlebihan dengan gejala selalu merasa lesu dan kantuk sepanjang hari walaupun sudah tidur cukup. Gangguan ini bisa terjadi akibat adanya gangguan mental, stress, konsumsi kafein berlebih, maupun terjadi secara alamiah. Hal ini harus ditangani segera loh karena dapat mengganggu aktivitas dan produktivitas sobat C’Lifers. Tapi kamu nggak perlu khawatir, hal ini bisa diatasi dengan melakukan hal berikut:

 

1.  Tidur dengan cukup atau tidak tidur terlalu larut 

Kantuk di siang hari juga bisa terjadi karena kurangnya tidur di malam hari. Jadi kamu dapat memanajemen diri kamu untuk tidur cukup di malam hari agar terjaga di siang harinya. Menciptkan lingkungan tidur yang nyaman juga akan membantu kamu untuk istirahat cukup pada malam hari

 

2.  Hindari kegiatan yang dapat memicu rasa kantuk 

Salah satu penyebab kantuk di siang hari bisa jadi disebabkan oleh aktivitas yang membosankan dan memicu rasa ngantuk. Mengemudi dan berdiam diri bisa membuat kamu ngantuk di siang hari loh.

 

3.  Membuat buku harian tidur

Bagi kamu yang sering mengalami kantuk di siang hari, kayanya kamu wajib deh membuat buku catatan tidur untuk mencatat kebiasaan tidur dan gejala yang menyerupai. Hal ini bisa menjadi salah satu cara mendiagnosis hipersomnia. 

 

4.  Periksa dan konsultasi ke tenaga medis 

Kalau kamu merasa gejala kantuk di siang hari dalam waktu yang lama, sebaiknya kamu mengkonsultasikan diri kamu ke tenaga medis. Biasanya, kamu akan melakukan beberapa tes seperti tes polismnografi atau tes latensi tidur ganda. Tes ini berguna untuk memonitor tidur kamu melalui aktivitas otak, detak jantung, gerakan napas, posisi tubuh, dan gerakan badan.

 

5.  Konsumsi obat stimulant

Untuk mempertahankan kesadaran agar dirimu terjaga, kamu dapat konsumsi obat-obat stimulan seperti dextroamphetamine. Tapi ingat ya! Penggunaan obat harus diawasi oleh dokter yang berpengalaman ya! 

 

Kalau kamu mengalami gejala ngantuk di siang hari berlebih, kamu bisa lakukan hal di atas nih Sobat C’Lifers! Jangan lupa jaga kesehatan kamu dan jamin terus kesehatanmu dengan berasuransi di Asuransi Receh.

 

# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan