Tips Bersalin Aman di Tengah Pandemi COVID-19

Tips Bersalin Aman di Tengah Pandemi COVID-19

C’Lifers yang sedang menunggu kelahiran si malaikat kecil pasti merasa senang sekaligus deg-degan. Berjumpa dengan buah hati yang sudah ditunggu-tunggu selama kurang lebih 9 bulan adalah momen yang membahagiakan, namun tak sedikit pula calon ibu yang khawatir karena momen melahirkan bertepatan dengan masa pandemi virus corona. Agar kamu bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik menjelang persalinan di tengah wabah ini, ikuti tipsnya yuk, C’Lifers!

 

1. Lindungi diri

Secara alami, kehamilan menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun. Ibu hamil rentan mengalami infeksi, tak terkecuali infeksi virus corona. Oleh karena itu, ibu hamil wajib lebih sering memeriksakan kandungan ke dokter, terutama ketika mendekati waktu melahirkan. Jika memungkinkan, konsultasi bisa dilakukan lewat chat saja. Namun, jika kamu harus menemui dokter secara langsung, selalu ingat untuk melakukan tidakan pencegahan risiko tertular virus corona seperti mencuci tangan menggunakan sabun, menggunakan hand sanitizer, memakai masker, melakukan physical distancing, menghindari kontak dengan orang sakit, tidak menyentuh area wajah, dan menerapkan etika batuk serta bersin. Selain itu, ibu hamil dapat menjaga daya tahan tubuh dengan cara berolahraga rutin, mengonsumsi makanan bergizi, mendapatkan tidur berkualitas, serta minum suplemen sesuai anjuran dokter.

 

2. Memilih tempat melahirkan

Ketika memilih tempat bersalin, sebaiknya bumil berdiskusi dengan dokter dan mempertimbangkan risiko serta manfaatnya. Kalau ternyata bumil menderita COVID-19 atau memiliki gangguan kesehatan tertentu, akan lebih aman untuk melahirkan di rumah sakit. Alasannya adalah agar kamu dan bayi mendapatkan perawatan dan pengawasan yang maksimal pada masa persalinan.

 

3. Metode melahirkan

Bumil dibebaskan memilih metode persalinan normal atau operasi caesar. Namun, pilihan ini tetap disesuaikan dengan kondisi kehamilan dan anjuran dokter atau bidan. Biasanya, operasi caesar dilakukan dalam kondisi tertentu, seperti bumil menderita infeksi herpes genital atau HIV, kehamilan dengan plasenta previa, atau kehamilan dengan posisi janin yang tidak normal. Sebaiknya, bumil tetap sering berkonsultasi dengan dokter atau bidan agar dapat menentukan metode persalinan terbaik.

 

4. Penanganan khusus ibu hamil dengan COVID-19

Jika ternyata bumil merasakan gejala-gejala COVID-19 seperti demam, batuk, dan sesak napas, segera isolasi mandiri dan hubungi hotline COVID-19 di 119 agar mendapatkan arahan lebih lanjut. Ibu hamil yang positif terinfeksi virus corona akan melahirkan di rumah sakit rujukan COVID-19 agar mendapat penanganan khusus.

 

Agar masa persalinan di tengah pandemi COVID-19 lancar, jangan lupa untuk menerapkan tips-tips di atas ya, C’Lifers. Persiapkan diri kamu untuk menghadapi persalinan minimal sejak memasuki trimester ketiga. Agar lebih tenang, kamu bisa rutin berkonsultasi dengan dokter dan memanfaatkan perlindungan asuransi dari Ciputra Life.

 

Sumber tulisan: alodokter.com

 

 

 

 

#Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life 
#PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan