Waspada, Gangguan Makan Dimulai Sejak Remaja!

Waspada, Gangguan Makan Dimulai Sejak Remaja!

Fase remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Pada masa peralihan ini biasanya remaja mengalami perubahan yang cukup drastis, mulai dari perubahan fisik, mental, dan juga perilaku. Remaja perempuan seringkali mengalami perubahan yang cukup signifikan lho!

 

Rata-rata remaja perempuan sering beranggapan  tidak memiliki tubuh yang diinginkan karena pengaruh akumulasi lemak saat masa pertumbuhan. Kamu harus tahu nih sobat C’Lifers karena hal ini banyak remaja khususnya perempuan yang memiliki gangguan makan. Mau tahu info selengkapnya? Yuk, baca infonya di bawah ini.

 

1.   Anorexia nervosa

Merupakan gangguan makan dimana penderitanya menghindari untuk makan dan sekalipun makan mereka makan dengan jumlah yang sangat sedikit dari yang seharusnya. Beberapa di antaranya sering menimbang berat badan ketika selesai makan.  Ada beberapa tanda seseorang mengalami gangguan makan anorexia nervosa antara lain:

a. Terlihat sangat kurus namun merasa khawatir dengan berat badan dan bentuk badan

b.   Sering melakukan olahraga berlebih untuk menguruskan badan

c.   Membatasi makan

 

2.   Bumilia nervosa

Gangguan makan yang satu ini cukup berbeda dengan anorexia nervosa. Penderita gangguan makan ini biasanya lebih cenderung mengkonsumsi makanan dengan jumlah dan porsi yang cukup banyak. Namun setelah mengkonsumsinya ada rasa bersalah yang membuat penderitanya memuntahkan kembali makanan yang telah dimakan dengan mencolok mulutnya untuk mengeluarkan makanannya kembali. Tak hanya itu, beberapa penderitanya juga sampai mengkonsumsi obat pencahar atau obat penghilang lemak.

 

3.   Binge eating 

Binge eating merupakan salah satu penyimpangan makan yang ditandai dengan penderita yang makan banyak dan tidak bisa mengkontrol makanannya. Namun, kalau sebagian orang dengan gangguan makan bumilia merasa bersalah dan mencoba mengeluarkannya kembali, penderita binge eating justru akan makan kembali agar rasa bersalah karena makan banyak hilang. Akibatnya karena rasa bersalah yang sering muncul, penderitanya justru mengalami obesitas.

 

Wah gimana nih sobat C’Lifers informasi di atas? Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan ya C’Lifers karena sehat berawal dari diri sendiri. 

 

 

 

# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life
#PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan