Waspada! Makanan Sehari-hari Ini Picu Batu Ginjal

Waspada! Makanan Sehari-hari Ini Picu Batu Ginjal

Seberapa sering C’Lifers mengonsumsi mie instan atau makanan kaleng? Seminggu sekali, 3 hari sekali, atau bahkan hampir setiap hari? Di balik kenikmatan rasanya yang hakiki dan cara masaknya yang praktis, ada bahaya yang mengintai kesehatan ginjalmu, C’Lifers. Ternyata, beberapa makanan yang biasa kita makan setiap hari berisiko menyebabkan batu ginjal, lho! Bertepatan dengan Hari Ginjal Sedunia, cek makanan penyebab batu ginjal ini, yuk!

1.    Makanan tinggi sodium

Sodium yang biasanya terdapat dalam garam dan makanan kemasan dapat memicu peningkatan kadar kalsium dalam urin. Beberapa contoh makanan dengan sodium tinggi adalah makanan kaleng, daging olahan, kecap atau saus, kacang-kacangan yang sudah diasinkan, dan makanan siap saji seperti mie instan dan sereal instan.

2.    Protein hewani

Purin yang terkandung dalam telur dan seafood akan diubah menjadi asam urat di dalam urin. Sementara itu, asam urat adalah salah satu bahan pembentuk batu ginjal. Inilh mengapa kamu tidak boleh mengkonsumsi protein hewani telalu banyak, C’Lifers. Selain telur dan seafood, hati dan jeroan juga mengandung purin yang tinggi. Sebaiknya, konsumsi protein hewani tidak melebihi 170 gram per hari.

3.    Makanan tinggi oksalat

Oksalat adalah sejenis asam organik yang ditemukan dalam setiap tanaman seperti bayam, okra, kiwi, almond, kacang mede, produk kedelai, teh, serta makanan tinggi vitamin C. Sebaiknya kamu perhatikan kadar oksalat dalam makanan yang dikonsumsi karena nantinya oksalat tersebut akan berkaitan dengan kalsium yang membentuk batu kalsium oksalat.

Selama tidak berlebihan, makanan di atas baik dikonsumsi untuk tubuhmu. Pastikan kamu memperhatikan porsinya, ya. Sebaiknya kamu minum air putih minimal 8 gelas per hari untuk menghindari batu ginjal.

Walaupun terkadang batu ginjal yang kecil dapat dikeluarkan melalui urin dan menyebabkan sedikit rasa sakit, sebaiknya kamu tidak menyepelekan batu ginjal. Kalau ukurannya membesar, batu ginjal bisa tersangkut di saluran kemih dan menimbulkan rasa sakit bahkan pendarahan. Yuk, asuransikan kesehatanmu agar kamu merasa lebih aman!

Sumber: hellosehat.com

Selamat Hari Ginjal Sedunia!

 

# Harap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Ciputra Life
# PT. Asuransi Ciputra Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan