Cara Daftar Asuransi Kesehatan dan Memilih Produk yang Cocok

Cara Daftar Asuransi Kesehatan dan Memilih Produk yang Cocok

Cara daftar asuransi kesehatan bisa kamu lakukan dengan cepat asal syarat-syaratnya lengkap. Bahkan sekarang proses pendaftaran asuransi rata-rata sudah onlineTidak ada kata terlambat kok untuk mendaftar asuransi. Jika kamu baru saja terpikir untuk mendaftar asuransi, artikel kali ini akan memandumu. Pelajari bagaimana cara daftar asuransi kesehatan serta apa saja syarat yang dibutuhkan.

Langkah-langkah Cara Daftar Asuransi Kesehatan

Sebelum mendaftar tentukan dulu penyedia layanannya. Jika ingin mendapat asuransi dengan premi ekonomis, pilihlah Asuransi Receh by Ciputra Life. Cukup sekali bayar untuk perlindungan setahun penuh.

Selanjutnya, langkah-langkah yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut.

Langkah 1: Pilih Produk Asuransi

Pilih produk asuransi yang sesuai kebutuhan dan kemampuanmu finansialmu. Ini bukan cuma soal manfaatnya, ya, tetapi apakah kamu mampu membayar premi secara rutin ke depannya?  Jika keberatan dengan tagihan bulanan, kamu bisa memilih asuransi yang pembayarannya setahun sekali seperti Asuransi Receh.

Langkah 2: Siapkan Persyaratan

Siapkan syarat daftar asuransi kesehatan seperti KTP, KK, buku nikah (bagi yang menikah), dan akta kelahiran anak. Terkadang kamu juga harus menyertakan NPWP dan beberapa dokumen lain, tergantung kebijakan perusahaan asuransinya. Khusus pendaftar yang baru mendaftarkan ketika sudah sakit, tentu harus ada syarat tambahan untuk memvalidasi.

Langkah 3: Mendaftar Secara Online/Offline

Selanjutnya isi formulir secara online maupun offline (lewat agen). Cara daftar asuransi kesehatan online bisa melalui situs resmi masing-masing perusahaan. Jika itu tersedia, sebaiknya pilih pendaftaran online karena tidak harus datang ke kantor.  Sementara untuk cara mendaftar asuransi kesehatan offline biasanya kamu akan diwawancarai singkat.

Langkah 4: Bayar Premi Pertama

Setelah formulir terisi kamu harus membayar tagihan premi pertama untuk mengaktifkan akun. Langkah ini sekaligus memastikan kamu bisa segera menggunakan asuransi kesehatannya. Di awal, kamu sudah memilih apakah produk ini pembayarannya bulanan atau setahun sekali. Biaya asuransi kesehatan biasanya mulai dari belasan ribu sampai ratusan ribu rupiah.

Langkah 5: Tunggu Konfirmasi Pihak Asuransi

Dengan teknologi pembayaran instan, aktivasi akun asuransi seharusnya bisa instan. Tetapi beberapa perusahaan masih melakukannya secara manual. Artinya, kamu harus mengonfirmasi pembayaran premi pertamanya dulu. Setelah oke, barulah akun kamu akan diaktifkan.

Pilih Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Alangkah bermanfaatnya mengetahui bagaimana cara daftar asuransi kesehatan. Setidaknya jika sudah mendapat tanggungan individu dari kantor, kamu bisa mendaftarkan keluargamu ke Asuransi Receh, hanya 1 kali bayar premi untuk perlindungan 1 tahun.